Sunday, October 9, 2016

9:02:00 PM
3
Di dalam belajar pemrograman java kita harus mengetahui istilah istilah atau konsep dasarnya terlebih dahulu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu Identifier,  Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator

Identifier

Identifier merupakan nama yang digunakan untuk menamai atau memberikan identitas agar membedakan sebuah class, variabel, dan method.

Dalam melakukan identifier terdapat aturan yang harus dipenuhi, yang pertama harus diawali dengan huruf, underscore ( _ ) atau lambang dolar. Apabila dalam meberikan identifikasi diawali dengan angka atau simbol yang lain maka akan ada tanda error pada compiler yang digunakan.

Yang kedua tidak menggunakan keyword yang dikenali oleh bahasa java, misalnya “import” maka tulisan ini tidak akan  dikenali sebagai perintah untuk mengimport library sehingga tidak bisa dijadikan identifier. Namun dalam memberikan identifier tidak dibatasi jumlah karakternya

Keyword

Selain Identifier ada Keyword yang merupakan kata-kata yang dikenal oleh compiler Java dan mempunyai arti khusus dalam program.

Contoh keyword yang dikenali oleh java

            case        class            for          implements
            import      false            double    int
            default     continue      extends  string
            new         else             float        abstract
            break      package      native      public
            if              long            null           protected
            do           byte             finally       enum
            boolean  interface      private      assert

Variabel

Variabel merupakan lokasi penyimpanan informasi yang ada di memori sesuai dengan tipe data yang dideklarasikan. Fungsi variabel yaitu untuk menampung suatu nilai dan memiliki suatu tipe data.

Dalam membuat variabel diawali dengan menuliskan tipe data nya kemudian diikuti oleh nama variabel sesuai keinginan kita.

 Contoh :

      int angka;
      String nama;
      char karakter;
      float desimal;

Tipe Data

Tipe data diperlukan agar compiler tahu operasi apa yang valid dan berapa banyak memori yang diperlukan oleh sebuah nilai yang akan disimpan atau dioperasikan.

Macam – macam Tipe Data :

      Integer : tipe data bilangan bulat, terdiri dari byte, short, int dan long.
      Floating-Point : tipe data pecahan, terdiri dari float dan double.
      Karakter : simbol dari sebuah karakter terdiri dari char.
      Boolean : true or false, terdiri dari boolean.

Jangkauan yang dapat ditampung oleh tipe data

 

Konstanta

Konstanta adalah variabel yang nilainya tidak berubah sepanjang jalannya program dengan menggunakan tanda final atau cons.

Misalkan :

      final int FEET_PER_YARD = 3;
      final double MM_PER_INCH = 25.4;
      final double phi= 3.14;
      cons int batas_minimal =3;

Coding

Berikut adalah contoh dari koding penjumlahan sederhana.

public static void main(String[] args) {
final double phi= 3.14;
        int a=3;
        System.out.println("penjumlahan "+ (phi+a));
        System.out.println("phi "+ phi);
        System.out.println("perkalian "+ (phi*a));
}

Dari koding diatas bisa dilihat bahwa nilai phi adalah tetap karena menggunakan kata kunci final. Phi nilainya 3.14 lalu ditambah dengan nilai a yang nilainya 3 lalu ada perkalian juga sehingga hasilnya akan seperti ini.

Penjumlahan 6.14
Phi 3.14
Perkalian 9.42

Casting atau konversi tie data

Konversi tipe data yaitu menampung suatu nilai dengan tipe data tertentu ke dalam variabel yang mempunyai tipe data yang berbeda.

Contoh :

int nilai = 20;
double hasil = nilai/4;
akan menghasilkan hasil = 5.0.
à usahakan selalu menggunakan tipe data pecahan atau melakukan casting tipe data:
            int nilai = 26;
            double hasil = (double)nilai/4;

Operator

Operator merupakan simbol yang biasa digunakan dalam menulis suatu pernyataan dalam bahasa pemrograman. Ada operator aritmatika tambah, kurang, bagi, kali dan modulus. 

Lalu ada juga operator relasional yang berupa simbol lebih dari ( > ), lebih dari sama dengan ( >= ), kurang dari ( < ), Kurang dari sama dengan ( <= ), sama dengan ( == ) dan tidak sama dengan ( != ).

Sekian dulu pengenalan dasar-dasar yang digunakan dalam pemrograman. Semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. Wadoo javascript, Masih memahami ini kode nih makasih admin udah di kasih istilah istilahnya

    ReplyDelete
  2. coding ya, perlu pemahamam lebih nih mencerna java coding .masih bingung .d tunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
  3. wah ternyata nemu juga disini, ebook saya kurang tentang javascript ;-(

    ReplyDelete